Manfaat Buah dan Daun Sirsak

Telah banyak ulasan tentang Manfaat Buah dan Daun Sirsak, yang ada di berbagai literatur dan tulisan. Disini Saya mencoba menyajikan rangkuman tentang berbagai manfaat buah dan daun sirsak. Sirsak atau dalam nama latinnya Annona Muricata  banyak dibudidayakan masyarakat baik untuk usaha perkebunan maupun sekedar ditanam di pekarangan rumah.

www.hernawansetiaji.com

Tumbuhan ini banyak ditemukan di Indonesia, karena memang termasuk pohon tropis. Di berbagai daerah Sirsak mempunyai nama yang berbeda. Ada yang menyebutnya sebagai Nangka Walanda, Nongko Sabrang, Sirsak, Nangka Buris, Srikaya dan Bohlona. Hampir diseluruh wilayah Tanah Air tumbuh buah Sirsak.

Buah Sirsak mempunya kandungan serat kasar yang tinggi pada daging buahnya sebesar 3,3 gr/100 gr daging buah. Satu biji buah Sirsak terdiri dari 67,5 % daging, 20 % kulit, 8,5 % biji dan 4 % kulit buahnya. Disamping serat kasar Buah Sirsak juga mengandung berbagai nilai gizi seperti vit B1, B2. dan C , Mineral, Zat Aktif  seperti acetogenis, annocatacin, annocalalin, annonacin, annomuricin, annohexocin, anomurine, caelourine, gigantelonin dan lainnya, dan juga mengandung asam lemak esensial gentisic acid, linoleic acid dan muricapentocin.

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

1. Serat Kasar Melancarkan Pencernaan
2. Antioksidan
3. Menyeimbangkan Asam dan Basa dalam Darah
4. Memacu Metabolisme Tubuh
5. Meminimalisir Radikal Bebas

Manfaat Daun Sirsak

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
2. Melawan Kanker
3. Melawan Diabetes
4. Melawan Asam Urat
5. Melemaskan Otot
6. Mengobati Bisul dan Eksim
7. Membersihkan Kutu dan Ketombe
8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Cara pemberiannya, apabila buah sirsak dapat dibuat juss atau dikonsumsi segar. Sedangkan Daun Sirsak dapat direbus dengan air hingga setengah dari volume air sebelum mendidih. Dapat diberikan sehari satu kali atau satu gelas sedang. Jangan mengkonsumsi terlalu banyak karena daun sirsak mengandung zat Alkaloid yang dapat menyebabkan nerologis pada syaraf seperti penyakit parkinson.

Senyawa Alkaloid ini banyak terdapat di berbagai jenis tumbuhan ataupun hewan, zat ini dapat mendegenerasi sel saraf. Semua yang berlebihan tentunya tidak baik. Disarankan dapat berkonsultasi kepada dokter selama perawatan.
Silahkan Berbagi :

Related Posts: