Tips Mencuci Motor Matic

Agar motor mempunyai performa yang selalu baik, kita harus selalu memberikan maintenance atau perawatan yang baik secara berkala. Disamping perawatan mesin, ada satu hal yang juga harus diperhatikan agar motor Anda selalu tampil prima yaitu kebersihan dengan rutin melakukan pencucian. Ada hal hal yang harus diperhatikan dalam mencuci motor matic.

www.hernawansetiaji.com

Tips Mencuci Motor Matic dilakukan dengan hati hati karena ada beberapa perangkat motor injeksi yang tidak tahan air, walaupun piranti ini sudah dilengkapi kemasan kedap air, kita harus tetap waspada.  Berbeda dengan motor Carburator bagian tersebut sangat sensitif bila terkena air.

Ada tiga perangkat yang wajib kita lindungi saat mencuci motor matic berteknologi injeksi, yaitu ECM (Engine Control Unit), Throttle Body dan Soket.  Bagian tersebut biasanya letaknya terpisah.  Throttle Body biasanya terletak diatas mesin, oleh sebab itu untuk mencuci wilayah mesin perlu extra hati-hati. Cara nyemprot yang benar yaitu dari atas ke bawah, jangan sampai dari bawah keatas.

Teknik penyemprotan tersebut ditujukan agar throttle body dan Soket tidak terkena air terus menerus yang bisa menyebabkan kerusakan pada kedua perangkat tersebut. Sedangkan untuk ECM biasanya terletak pada bagian atas spakbor belakang. Untuk mencuci spakbor belakang tak perlu disemprot terus menerus.

Cara yang paling aman yaitu dengan menyeka menggunakan sikat atau lap, baru dibilas dengan menyemprotnya, denagan cara ini ECM tetap aman dari percikan air.  Sementara itu bila anda sering mencuci motor ditempat pencucian motor harus diawasi dan memberi tahu agar bagian ketiga tadi agar aman dari percikan air yang berlebihan.
Silahkan Berbagi :

Related Posts: