Tips Merawat Mobil Matic

Mobil matic dewasa ini penggunaannya semakin meluas, karena memang lebih nyaman dan mudah dikendarai. Namun dibalik kenyamanan itu juga harus didukung perawatan yang lebih extra. Karena Mobil Matic menggunakan sistem transmisi serba otomatis. Dan cara menggunakan atau mengoperasikan transmisi menentukan keawetannya.

www.hernawansetiaji.com

Berbeda dengan mobil manual, mobil matic sistem kerja terpusat pada transmisi, sehingga harus diperhatikan komponen pendukung transmisi seperti oli transmisi dan packing-packingnya sering terjadi kebocoran. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kerusakan di mobil matic. Pertama yang wajib dilakukan adalah servis berkala. Penting karena dengan servis berkala pemilik dapat mengetahui kondisi kendaraannya.

Tips Merawat Mobil Matic

  1. Melakukan service berkala setiap 10.000 kilometer untuk penggantian Oli Mesin dan Filter pendukung.
  2. Melakukan penggantian Oli Transmisi otomatis setiap 25.000 kilometer sesuai yang dianjurkan produsen mobil. Dijaga jangan sampai terjadi kebocoran.
  3. Deteksi dini di bagian valve dan oli transmisi. Di mobil matic, kebocoran sering terjadi di bagian gasket transmisi. Hal itu disebabkan oleh pemindahan tuas/gear shift yang kasar dan sering menyentak pedal gas sehingga valve cepat rusak dan bocor.
  4. Segera menganti oli transmisi apabila melewati daerah banjir, mencegah air masuk ke gearbox.
  5. Persneling pada posisi tepat dengan laju mobil, Apabila pada posisi D atau R dan rem dilepas mobil langsung bergerak berarti dalam kondisi baik.
  6. Dilakukan service kopling berkala untuk menghindari terjadinya slip kopling.
  7. Perhatikakn juga bagian elektrik dijaga tidak terjadi masalah terutama pada selenoid. sering terjadi mobil tidak bisa mundur.
Dengan perawatan secara berkala dan deteksi dini pada kerusakan mobil matic akan dapat mengindarkan kerusakan yang lebih parah. Dan juga mengurangi biaya perbaikan karena kerusakan pada mobil matic akan membutuhkan biaya yang lebih besar dari pada mobil manual. Maintenance adalah kunci kenyamanan kendaraan Anda tetap dengan performa maksimal.
Silahkan Berbagi :

Related Posts: